Di Saudi, Ada Aplikasi Pelacak Lokasi Isteri

Eramuslim.com – Sebuah aplikasi yang dipublikasikan di Apple Store (iOS) dan GooglePlay Store (Android) mendapat kritikan dari banyak pihak. Pasalnya, aplikasi ini memungkinkan para suami di Arab Saudi untuk melacak lokasi istri dan anak perempuan mereka. Gara-gara aplikasi ini pula, kedua raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut mendapatkan kritik pedas.

Mengutip laman Phone Arena via Liputan6.com, Sabtu (16/2), pengembang aplikasi bernama Absher ini merupakan agensi bernama National Information Center. Agensi ini dibesut oleh Saudi Ministry of Interior, tugasnya adalah menghadirkan solusi IT dan layanan untuk sektor kementerian dan agensi pemerintah lainnya.

Bahkan, agensi tersebut merupakan salah satu pusat IT paling besar di kawasan Timur Tengah. Aplikasi ini mendapatkan tanggapan negatif dari anggota parlemen dan aktivis hak-hak sipil karena fungsinya melacak perempuan.

Di Google Play Store, deskripsi aplikasi ini berbunyi, “Absher telah dirancang dan dikembangkan dengan pertimbangan khusus untuk keamanan dan privasi data, serta komunikasi pengguna. Jadi, dapat dengan aman menelusuri profil Anda atau anggota keluarga Anda, atau karyawan Anda dan melakukan berbagai e-Service online.”