free hit counters
 

Ditemukan di Jambi: Sisa Kapal Kuno Besar Yang Misterius

Redaksi – Senin, 5 Rabiul Awwal 1441 H / 4 November 2019 08:30 WIB

Eramuslim.com – Tim arkeolog Universitas Indonesia (UI) meneliti penemuan situs kapal kuno di Desa Lambur, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi.

Ekskavasi atau penggalian situs kapal kuno yang disebut Kapal Zabag tersebut sedang dilakukan. Eskavasi kapal kuno tersebut melibatkan mahasiswa Universitas Jambi (Unja) dan warga masyarakat setempat.

Karena memasuki pertengahan musim kemarau, eskavasi kapal kuno itu bisa dilakukan menyusul kondisi lokasi penemuan kapal kuno tersebut kini dalam keadaan kering.

Situs Galangan Kapal Tertua di Asia Tenggara

Ketua Tim Arkeolog Universitas Indonesia (UI) Dr Ali Akbar, SS, M Hum yang memimpin ekskavasi Kapal Zabag di Desa Lambur I, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjangjabung Timur, Provinsi Jambi menduga temuan di lokasi itu merupakan galangan kapal tertua di Asia Tenggara.

Bukti-bukti sementara yang ditemukan, yakni posisi kapal yang terparkir. Kemudian ada kayu bulat di bawah geladak. Beberapa bagian kapal yang ditemukan juga terpisah, termasuk posisi gading kapal.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus