free hit counters
 

Doa-Doa Sunah saat Sujud sesuai Hadits

zahid – Kamis, 29 Syawwal 1440 H / 4 Juli 2019 15:00 WIB

Eramuslim – SELAIN bertasbih, ketika sujud juga disunnahkan untuk berdoa dan memperbanyaknya. Dasarnya adalah hadits shahih berikut ini: “Jarak yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa.” (HR Muslim). Diantara hadits-hadits yang sampai kepada kita tentang bacaan doa tatkala sujud adalah lafadz-lafadz sunnah berikut ini:

a. Doa Versi Pertama

Di dalam kitab Shahih Bukhari disebutkan lafadz sujud yang disamakan dengan lafadz ruku’, yaitu: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pada saat rukuk dan sujud membaca: Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, ampunilah Aku. (HR. Bukhari)



b. Doa Versi Kedua

Selain itu juga ada doa lainnya seperti berikut ini: “Ya Allah, ampunilah diriku dari dosaku semuanya, yang detail atau yang besar, yang awal dan yang akhir, yang terlihat ataupun yang tidak terlihat. Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari murka-Mu, dengan maaf-Mu dari hukuman-Mu dan Aku berlindung dengan-Mu dari-Mu. Tidak terhitung pujian bagi-Mu Engkau sebagaimana pujian-Mu atas diri-Mu.” (HR. Muslim)

c. Doa Versi Ketiga

Doa versi lainnya diriwayatkan dari Ali Ridha sebagai berikut: Dari Abi Said radhiyallahuanhu berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wahai Muaz, bila kamu meletakkan wajahmu dalam sujud, katakanlah: Ya Allah, tolonglah aku untuk bersyukur dan beribadah dengan baik kepada-Mu.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus