FIFA Hukum Pemain Bola Karena Rayakan Gol dengan Pakai Kaos Bertuliskan “ Allah Maha Besar”

Pemain bintang  Ghana Mubarak Wacasso Adwa’ berhasil  mencetak kemenangan selama pertemuan dengan tim nasional  Mali di putaran kedua untuk Piala Afrika yang diselenggarakan Afrika Selatan.

Mubarok yang bergabung pada tim  “Espanyol” berhasil mendapat perhatian media Spanyol saat merayakan gol untuk negaranya yang dicetak di gawang Mali dan ia membawa kemenangan tersebut di babak kedua, di mana ia merayakan dengan cara sendiri,  dengan mengangkat kemejanya maka ia tampil mengenakan kaos yang bertuliskan  “Allah Is Great ” yang dalam bahasa indonesia berarti “Allah Maha Besar.”

Cara perayaan Mubarak tersebut mengingat kenangan yang terjadi pada final Piala Afrika  tahun 2006, ketika playmaker Mesir  Mohamed Aboutrika memakai kaos dalam yang bertuliskan arab ” Nahnu Fidaka Ya Rasulallah ” yang berarti “ kami adalah delegasimu wahai Rasulullah “  setelah mencetak gol kemenangan untuk timnya di pertandingan Pantai Gading.

Tim  Ghana menghadapi hukuman, dengan latar belakang menggunakan agama untuk merayakan gol dicetak. Dan ini adalah apa yang dilarang oleh hukum International Federation of Football “FIFA”.

Pasal IV dari Undang-undang tentang  pemain dilarang untuk menunjukkan pakaian dengan slogan-slogan atau propaganda untuk  partai politik atau agama atau pribadi. (zae/alarabiya)