Inlah Profil Ali Mohamed Zaki, Ilmuwan Mesir Penemu Virus Corona

Eramuslim.com – Virus corona atau coronavirus masih jadi ancaman terbesar dunia saat ini, meski China mengklaim telah ada yang sembuh. Apalagi sejumlah kasus infeksi coronavirus masih terus dilaporkan dari seluruh dunia.

Jenis virus corona yang awalnya ditemukan di Wuhan ini nyaris sama dengan penyebab Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Serangan virus corona yang mengakibatkan masalah pernapasan ini pertama kali berhasil diidentifikasi ilmuwan muslim Prof Dr Ali Mohamed Zaki.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut profil dan fakta lain seputar ilmuwan asal Mesir ini.

1. Profil Ali Mohamed Zeki

Dikuti dari situs Egyptian Society of Virology (ESV), Ali Mohamed Zeki adalah ahli virus dari Fakultas Kedokteran Universitas Ain Shams. Ali lahir pada 1 Desember 1953 dan berhasil menamatkan kuliah di Departemen Mikrobiologi universitas tersebut.

Ketertarikan utama Ali adalah pada bidang diagnosis molekuler infeksi virus. Di organisasi profesi ahli virus tersebut, riset terkini Ali adalah pada bidang MERS Corona Virus. Ali tercatat tidak punya mitra lokal, namun punya rekan asing dari Erasmus Medical Centre.