free hit counters
 

Kecebong Ternyata Bisa Menjadi Kanibal

Redaksi – Sabtu, 21 Zulqa'dah 1439 H / 4 Agustus 2018 06:00 WIB

Eramuslim.com – Meski terlihat sebagai hewan yang jinak, kecebong bisa juga bersikap buas jika sedang merasa lapar. Bahkan, kecebong ternyata juga bisa menjadi hewan kanibal yang memangsa sesamanya.

Hasil sebuah penelitian mengungkapkan, secara alamiah kecebong bukanlah hewan buas yang biasa memangsa sesama kecebong lainnya. Akan tetapi, mereka sewaktu-waktu memang bisa jadi hewan kanibal jika sumber makanan bagi mereka sangatlah langka.

Meski begitu, kecebong akan memilih opsi lain, tidak memangsa sesamanya, jika ada pilihan makanan yang lain. Di alam liar, kecebong diketahui biasa memilih untuk memakan alga atau hewan air yang lebih kecil lainnya saat mereka tidak saling memakan sesamanya.

Penelitian mengenai sifat kanibal kecebong ini bermula ketika beberapa peneliti dari University of Saskatchewan di Kanada bertanya-tanya apakah kanibalisme adalah pilihan pola makan yang paling bergizi untuk kecebong. Pasalnya, secara teoritis, cukup masuk akal bahwa daging sesama spesies sendiri mengandung vitamin dan nutrisi dalam jumlah yang sesuai untuk fisiologi tubuh spesies tersebut.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus