Laboratorium Ternama AS: Peradaban Tertua di Dunia ada di Tatar Sunda

Eramuslim.com – Sebuah bangsa akan mengalami puncak peradaban tertinggi manakala Negara mampu memahami potensi terbesar dari bangsanya sendiri, lalu mengolah potensi itu menjadi energi untuk membangun bangsanya.

Ketika bangsa itu tak mampu memahami potensinya sendiri dan justru mengebiri nilai sejarahnya sendiri, maka tak mungkin menjadi bangsa yang besar.

Siapa sangka bahwa Indonesia memiliki situs purbakala yang usianya lebih tua dari Piramida Mesir?

Gunung Padang adalah sebuah kawasan situs Megalitikum berupa tumpukan batu punden berundak yang berada di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Situs ini merupakan Situs Purbakala yang paling besar di Asia Tenggara, bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi yang terbesar di dunia.

Dr. Ali Akbar seorang peneliti prasejarah dari UI yang juga merupakan ketua tim riset TTRM mengatakan jika di lakukan penggalian di Situs Gunung Padang ini besar kemungkinan akan di temukan bangunan yang besarnya mencapai 3 kali lipat dari Candi Borobudur.

Jika dilihat dari luas keseluruhan kompleks Candi Borobudur yang hanya 1,5 hektar, maka Situs Megalitikum Gunung Padang ini bahkan bisa mencapai 10 kali lebih luas dengan total keseluruhan luas kompleksnya yang mencapai 15 hektar.