free hit counters
 

Makan 3 Kurma Selama Seminggu, Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

Redaksi – Kamis, 3 Ramadhan 1440 H / 9 Mei 2019 07:12 WIB

Eramuslim.com – Kurma merupakan buah yang sangat manis dan lezat, dikemas dengan banyak nutrisi vitamin, antioksidan, gula yang mudah dicerna, zat gizi mikro, yang mampu meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara.

Dibanding kurma segar, kurma kering lebih kaya gula dan senyawa fenolik (antioksidan nabati). Satu ons atau sekitar 28 gram kurma, mengandung 21 gram karbohidrat dan 18,6 gram gula, terutama glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kurma kaya akan vitamin B, A, dan K, serta berbagai mineral seperti kalium, magnesium, tembaga dan mangan. Kurma juga mengandung unsur fluor yang melindungi gigi dan selenium. Kurma berlimpah protein dan mengandung 23 asam amino yang berbeda. Karena itu, buah yang identik dengan bulan Ramadan ini memiliki banyak manfaat kesehatan sebagai berikut.

  • Mencegah berbagai penyakit neuro-degeneratif pada pria dan wanita, karena kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat melawan peradangan dan stres oksidatif di otak. Kurma mampu mencegah penyakit Alzheimer dan mengurangi kerusakan memori
  • Kurma memiliki efek antiinflamasi yang kuat yang mencegah infeksi dan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.
  • Kurma kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan, mengobati sembelit, meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus dan meningkatkan kesehatan usus.
  • Senyawa fenolik pada kurma dapat mengelola kadar kolesterol dan trigliserida dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah
  • Kurma kaya akan kalium, magnesium, dan antioksidan, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Juga, ekstrak dari buah ini diketahui dapat memperbaiki jaringan jantung setelah mengalami serangan jantung.
  • Antioksidan dalam kurma meningkatkan kesehatan dan fungsi hati serta memperbaiki kerusakan hati yang disebabkan oleh racun.
  • Berbagai fitokimia dan senyawa bioaktif lainnya pada kurma mampu melindungi terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara dan usus besar.
  • Kurma dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena tidak meningkatkan kadar gula darah dan antioksidannya meningkatkan produksi insulin dan menghambat penyerapan glukosa
  • Kurma juga melindungi terhadap kerusakan saraf (diabetes neuropati), yang merupakan komplikasi diabetes yang merusak saraf perifer, dan menyebabkan rasa sakit dan mati rasa atau kelemahan di tangan, kaki, dan ekstremitas.
  • Kurma mengandung serat dan gula sehat yang memberi energi pada tubuh dan membuat Anda kenyang.
  • Jika dikonsumsi secara teratur, kurma telah ditemukan dapat meringankan persalinan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru

blog comments powered by Disqus