Penyebab Lahirnya Generasi Dungu: Nyamuk “Culex”

Penderitaan karenanya dapat menandai timbulnya penyakit ini pada manusia, yaitu demam, sakit kepala dan malaise adalah gejala non spesifik lainnya dari penyakit ini yang dapat berlangsung selama periode antara 1 dan 6 hari.

Malaise adalah perasaan ketidaknyamanan umum, kegelisahan atau rasa sakit, sering kali merupakan indikasi pertama infeksi atau penyakit lainnya.

Fleksi tetap pada ekstremitas atas: gejala sisa yang umum pada ensefalitis Jepang (Japanese encephalitis). Sekitar 30% orang yang selamat mengalami defisit motorik berkelanjutan. Ini termasuk campuran kelemahan neuron motorik atas dan bawah, dan tanda-tanda cerebellar dan extrapyramidal. Fixed flexion deformities atau deformitas fleksi tetap pada lengan, dan hiperekstensi kaki dengan “kaki kuda” (equine feet) sering terjadi. (foto: jnnp.bmj.com)

Tanda-tanda yang berkembang selama tahap encephalitic akut termasuk kekakuan leher, cachexia, hemiparesis, kejang dan suhu tubuh yang meningkat antara 38 – 41° C (100,4 – 105,8° F).

Maka retardasi mental atau keterbelakangan mental biasanya mulai akan terjadi.

Mortalitas penyakit ini bervariasi, tetapi umumnya lebih tinggi pada anak-anak. Penyebaran transplasental telah dicatat.

Efek neurologis seumur hidup seperti ketulian, labilitas emosional dan hemiparesis dapat terjadi pada mereka yang memiliki keterlibatan sistem saraf pusat.

Peningkatan aktivasi mikroglial setelah infeksi Japanese Encephalitis telah ditemukan mempengaruhi hasil patogenesis virus.

Mikroglia adalah sel imun residen dari sistem saraf pusat atau central nervous system (CNS) dan memiliki peran penting dalam pertahanan penderita terhadap serangan mikroorganisme.

Mikroglia aktif mensekresikan sitokin, seperti interleukin-1 (IL-1) dan tumor necrosis factor alpha (TNF-α) , yang dapat menyebabkan efek toksik di otak. Selain itu, faktor larut lainnya seperti neurotoksin, neurotransmitter eksitasi, prostaglandin, oksigen reaktif, dan spesies nitrogen disekresikan oleh mikroglia aktif.

Dalam model murine dari JE, ditemukan bahwa di hippocampus dan striatum, jumlah mikroglia yang diaktifkan lebih dari tempat lain di otak, diikuti oleh yang di thalamus. Di korteks, jumlah mikroglia yang diaktifkan secara signifikan lebih sedikit bila dibandingkan dengan daerah lain dari otak tikus.

Tatapan seperti topeng pada karena sudut palpebral yang lebar pada dua anak Vietnam terkena ensefalitis Jepang (Japanese encephalitis). Deskripsi klasik ensefalitis Jepang termasuk muka seperti topeng datar kusam dengan mata lebar yang tidak berkedip. (foto: jnnp.bmj.com)

Induksi keseluruhan ekspresi diferensial dari sitokin pro-inflamasi dan chemokin dari daerah otak yang berbeda selama infeksi Japanese Encephalitis progresif juga diamati.

Meskipun efek bersih dari mediator proinflamasi adalah untuk membunuh organisme infeksi dan sel yang terinfeksi serta untuk merangsang produksi molekul yang memperkuat respon pemasangan terhadap kerusakan, juga jelas bahwa dalam organ yang tidak menghasilkan kembali seperti otak, yang tidak teregulasi respons imun akan rusak.

Dalam JE regulasi ketat aktivasi mikroglial tampaknya terganggu, menghasilkan loop autotoxic dari aktivasi mikroglial yang mungkin menyebabkan kerusakan neuronal di otak. Pada hewan, tanda-tanda kunci termasuk infertilitas dan aborsi pada babi, penyakit saraf pada kuda dan tanda-tanda sistemik termasuk demam, lesu dan anoreksia.(kl/end)

[Sumber]