free hit counters
 

Sains Alquran: Cekungan Laut Mati Palestina sebagai Titik Terendah Bumi

Atas dasar itu, kalangan mufasir berpendapat, maksud dari adna al-ardh adalah negeri terdekat dari Jazirah Arab. Peperangan itu sendiri berlangsung di negeri Palestina, semoga Allah segera membebaskannya dalam waktu dekat yang merupakan negeri terdekat dari Jazirah Arab. Jadi, bagi kalangan mufasir, kata adnan al-ardh berarti “negeri terdekat”.

Ilmu geologi lalu datang dan memastikan bahwa cekungan Laut Mati, tempat bangsa Romawi memenangi perang melawan Persia, merupakan titik terendah yang ada di muka bumi. la terletak sekitar 400 meter di bawah permukaan laut.



Seandainya Allah berfirman “Di atas permukaan bumi” (ala sath al-ardh) dan bukan “di daerah paling rendah” (adna al-ardh), maka maknanya mencakup semua permukaan bumi, baik berupa daratan maupun perairan. Bila itu yang dimaksudkan, teluk Mariana menjadi bagian terdalam di bumi karena kedalamannya mencapai lebih dari 12.000 meter. Namun, dataran terendah di bumi berada di Palestina.

Ayat ini turun pada saat ilmu pengetahuan belum mampu meneliti di mana titik terendah di muka bumi berada. Cekungan Laut Mati adalah daerah yang pernah didiami kaum Nabi Luth. Tak ada daerah yang lebih rendah di muka bumi ini melebihi cekungan Laut Mati. (Okz)

Sumber Buku Pintar Sains Dalam Alquran, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, Dr. Nadia Thayyarah, Halaman 475-476.

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru