free hit counters
 

Sains Alquran: Demam Diatasi dengan Kompres Pakai Air Dingin

Meski saat ini sarana pengobatan dan antibiotik telah mengalami kemajuan, tetapi pengobatan nabawi masih tetap menjadi media penyembuhan yang paling efektif dan ideal pada saat demam. Banyak kondisi di mana suhu tubuh seseorang naik dan tidak bisa diturunkan oleh obat penurun panas, sehingga para dokter akan menggunakan air dingin untuk mengembalikannya ke keadaan semula. Oleh sebab itu, para dokter anak menyarankan agar segera mengkompres tubuh anak dengan air dingin jika terserang demam.

Demam yang menyerang manusia sebenarnya memilik beberapa faedah. Hal ini telah terbukti secara ilmiah dan sesuai dengan hadis Nabi. Saat seseorang terserang demam, maka kadar zat endorfin dalam tubuhnya akan bertambah.



Zat endorin ini dihasilkan oleh sel darah putih, ia dapat membunuh virus atau bakteri yang menyerang tubuh. Endorfin bisa membentuk antibodi yang melindungi tubuh. la tidak hanya menyelamatkan tubuh dari virus dan bakteri saja, melainkan juga menambah daya tahan dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, serta membantu menghilangkan sel-sel kanker. Dengan demikian, demam dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker yang berpotensi menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker.

Dengan demikian, demam bisa lebih berguna daripada meminum obat. Oleh sebab itu, tak jarang para dokter sengaja menimbulkan demam buatan pada pasien dengan suntikan bahan-bahan tertentu untuk mempercepat penyembuhan.

Suatu ketika, ketika penyakit demam disebut-sebut di hadapan Nabi Muhammad, ada seseorang yang mencaci-maki. Nabi kemudian bersabda, “Jangan kau mengumpatnya, karena ia dapat mengilangkan dosa, sebagaimana api dapat melunakkan kekerasan besi.” (HR. Ahmad). (okz)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru