free hit counters
 

Sains Alquran: Mata Unta Bisa Zoom-In Zoom-Out

zahid – Kamis, 13 Rabiul Akhir 1441 H / 12 Desember 2019 15:00 WIB

Eramuslim – MAHA besar Allah yang menciptakan unta, sebab hewan ini memiliki banyak keunggulan yang tak ada di hewan lain. Di antaranya dua mata yang mampu beroperasi seperti zoom in zoom out kamera, serta kemampuannya sebagai transportasi gurun pasir yang tak tertandingi.

Allah berfirman, “Maka, tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana ia diciptakan?” (Al-Ghasyiyah: 17).

Melalui ayat di atas Allah mengajak kita untuk memperhatikan dan merenungkan penciptaan unta karena ia memiliki keistimewaan-keistimewaan yang mengagumkan yang tidak kita temukan pada hewan-hewan lain.

Kita akan lihat bahwa temuan-temuan sains modern baru-baru ini tentang fakta-fakta mengagumkan mengenai unta bisa menjelaskan sebagian rahasia mengapa Allah secara khusus menyebut nama unta di antara sekian banyak makhluk-makhluk-Nya.



Penjelasan ini bisa ditelaah dengan mudah baik oleh orang Badui yang masih lugu pada masa permulaan Islam maupun oleh pakar biologi yang mempunyai peralatan-peralatan modern di akhir abad ke-20.

Sebagaimana diketahui, unta ada dua jenis, pertama adalah unta yang memiliki satu punuk, yaitu unta Arab, yang berkembang di Semenanjung Arab. Rata-rata umur unta jenis ini lebih dari 40 tahun. Jenis kedua adalah unta yang memiliki dua punuk, yang hidup di kawasan Asia Tengah.

Hal pertama yang menarik perhatian mengenai unta adalah karakteristik dan bentuk fisiknya, yang menandakan bahwa ia diciptakan dengan kelembutan dan kecerdasan yang sangat tinggi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

loading...

Tahukah Anda Terbaru