Seberapa Korup Hosni Mubarak?

Nama Hosni Mubarak tak pelak lagi sudah bisa dimasukkan ke dalam daftar nama-nama diktator kaya di seluruh dunia. Hampir semua diktator di dunia ini selalu mempunyai pola yang sama yaitu pada dasarnya meninggalkan kekuasaannya setelah mencuri uang dari rakyatnya.

Pemimpin Afghanistan, Hamid Karzai adalah contoh lain dari seorang pria yang disuap AS dan menimbun kekayaan sendiri sementara negaranya kelaparan.

Seberapa besar kekayaan Mubarak? Menurut sebuah laporan, Mubarak setidaknya menyimpan kekayaan pribadi bernilai 40 miliar dolar.

Selama 30 tahun berkuasa, keluarga Mubarak menguasai real estat, perputaran uang kas, kapal pesiar kerajaan, dan memiliki 40 miliar dollar dalam bentuk tunai.

Selain itu juga ia disinyalir masih memiliki aset tersembunyi di bank di seluruh dunia untuk memudahkan akses. Di antaranya di: Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Swiss, Skotlandia, Inggris, Dubai, Madrid dan negara lainnya. Keluarga Alaa Mubarak memiliki kekayaan di dalam negeri atau di kota-kota besar Amerika Serikat Washington, LA dan New York.

Istri Mubarak, Suzanne Mubarak dan kedua anaknya juga sangat kaya. Suzanne bahkan ditaksir mengumpulkan kekayaan sampai 3-5 milyar dollar dan dipergunakan untuk pribadinya sendiri.

Kekayaan Mubarak juga memiliki hubungan besar dengan kepentingan korporasi AS seperti: Marlboro, Hermes, McDonalds, Vodafone, Hyundai, Chili dan perusahaan besar lainnya. (sa/politicalnews)