Teori Big Bang dalam Penciptaan Langit dan Bumi Menurut Al Qur’an

Eramuslim.com – Sejatinya, jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang, Al Qur’an sudah menjelaskan soal proses penciptaan langit dan bumi. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Prof Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa di dalam Al Qur’an, proses penciptaan langit dan bumi dijelaskan melalui teori Big Bang.

Ada sejumlah ayat di dalam Al Qur’an yang menjelaskan proses penciptaan langit dan bumi. Antara lain, surat Al-Anbiya’ ayat 30, surat Az-Zariyat ayat 47, surat An-Nazi’at ayat 31, dan surat Fussilat ayat 10.

“Proses penciptaan alam semesta dalam Al-Qur’an dijelaskan melalui teori Big Bang. Al-Qur’an surat Al-Anbiya’ ayat 30 mengatakan langit dan bumi awalnya bersatu sekitar 12-20 miliar tahun lalu. Ledakan pada hakikatnya adalah pengembangan ruang yang dalam surat Az-Zariyat ayat 47 disebutkan Allah SWT kuasa meluaskan langit,” kata Prof Thomas Djamaluddin ketika dihubungi Tim Hikmah detikcom.

Al-Qur’an dan perkembangan sains sebetulnya memang selalu berjalan seiring bukan berlawanan. Berikut empat poin penjelasan lebih lanjut tentang penciptaan langit dan bumi.