Inilah Penulis Mushaf Al Qur’an Yang Dibawa Jamaah Haji Dan Umroh dari Saudi

mushaf-madinah-almunawwarahEramuslim – Setiap tahun jutaan cetakan mushaf Al Qur’an dibagikan secara gratis Kerajaan Arab Saudi kepada setiap jamaah haji dan umroh yang akan kembali ke negara asal masing-masing. Lalu tahukah kita siapa penulis mushaf yang terkenal dengan nama “Muhaf Madinah Al Munawwarah”?

Dicetak oleh King Fahd Glorious Quran Printing Complex milik Kerajaan Arab Saudi, Mushaf Madinah Al Munawwarah ditulis oleh kaligrafer terkenal Osman Taha yang lahir di kota Aleppo, Suriah, pada tahun 1934 Masehi.

Untuk memudahkan umat Islam membaca, dalam penulisannya Osman Taha tidak memakai huruf-huruf yang mutasyabih seperti huruf Ha Masyquqah, Mim Mathmusah, Ra Ma’kufah, dll.

Bahkan untuk kenyamanan membaca di akhir halaman, Osman Taha menulis di setiap akhir halamanan Muhaf Madinah Al Munawwarah adalah akhir dari ayat Al Qur’an Nur Karim.

Osman Taha pertama kali menulis kaligrafi Al-Quran pada tahun 1970 untuk Suriah Wakaf dan Agama Suriah. Pada tahun 1988, tulisan kaligrafinya di cetak di Kompleks Raja Fahd untuk Percetakan Al-Qur’an di kota Madinah untuk dijadikan Mushaf Madinah Al Munawwarah hingga saat ini. (Skynewsarabia/Ram)