Proyek Renovasi Sumur Zamzam Rampung April Mendatang

Eramuslim – Emir Makkah Pangeran Abdullah Bin Bandar melakukan kunjungan mendadak melihat pekerjaan renovasi Sumur Zamzam. Saat ini sekitar 90 persen pekerjaan renovasi telah selesai dilaksanakan, dan diperkirakan akan selesai pada pertengahan April mendatang.

Dilansir Saudi Gazette, Selasa (12/3), Pangeran Abdullah berterima kasih kepada Menteri Keuangan, Kepresidenan untuk Urusan Dua Masjid Suci, Pasukan Keamanan Haram, dan semua pihak terkait dengan proyek tersebut yang telah berusaha untuk menyelesaikan proyek sebelum batas akhir.

Didampingi oleh Sheikh Abdurahman Al-Sudais, kepala kepresidenan, Abdul Fattah Moshat, wakil menteri haji dan umrah, dan beberapa pejabat, Pangeran Abdullah memeriksa kemajuan pekerjaan renovasi tersebut. Dengan renovasi ini, diharapkan akan meningkatkan jumlah air suci yang dipompa kelua dari Sumur Zamzam.

Emir Makkah Pangeran Abdullah Bin Bandar memeriksa pekerjaan renovasi Sumur Zamzam (Foto: Saudi Gazata)

Proyek renovasi ini ditangani lebih dari 250 insinyur, teknisi dan buruh, dan didukung alat berat 11 derek. Mereka bekerja sepanjang waktu untuk membangun lima aliran air Zamzam. Semua aliran air itu transit di kompleks Masjidil Haram sebagai bagian dari proyek untuk merenovasi sumur bersejarah.

Sekitar 96 persen insinyur yang berkerja di lokasi proyek adalah orang Saudi. Tak hanya itu, sebanyak 693 siswa dari 16 universitas di Saudi pun telah diberi pelatihan di lokasi tersebut. Sementara, jam kerja di proyek tersebut, yang dimulai pada bulan Oktober, telah mencapai sekitar satu juta jam.