Ingin Tahu Sejarah Berdirinya Dua Masjid Suci, Yuuk Ziarah ke Tempat Ini

Eramuslim – Puncak ibadah haji 2018 telah selesai dilaksanakan. Jamaah haji Indonesia masih punya waktu beberapa hari sebelum kembali ke Tanah Air. Ada yang memanfaatkan untuk melaksanakan umrah sunah, belanja oleh-oleh, hingga melakukan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah di kota kelahiran Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam itu.

Nah, bila ada jamaah yang lebih memilih mengunjungi situs-situs bersejarah di sekitaran Masjidil Haram, Makkah, terdapat Museum Haramain, tempat di mana jamaah haji bisa melihat lebih dekat sejarah pertama kali Masjidil Haram.

Museum yang dibangun oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz ini juga dikenal dengan The Exibithion of Two Holy Mosques Architecture, dan terletak di perbukitan Ummu Joud, Makkah.

Di museum ini, jamaah bisa mempelajari seluk beluk dan sejarah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Termasuk, koleksi terbarunya adalah maket masa depan bangunan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Di Museum Haramain, jamaah bisa eksplorasi, menggali sejarah dan kecanggihan arsitektur di dua masjid suci tersebut. Museum Haramain dapat diistilahkan berarti Dua Masjid Suci.

“Di sini kita jadi tahu ini lho pertama kali sejarahnya Masjidil Haram dan Nabawi,” ucap Aya, jamaah haji asal Jakarta.