Ini Kebijakan Thawaf Baru Selama Sumur Zamzam Direnovasi

Eramuslim – Poyek perbaikan saluran air sumur Zamzam di Masjidil Haram, Makkah, terus berlangsung. Para pekerja bekerja siang malam agar proyek ini bisa selesai menjelang datangnya bulan Ramadhan tahun 2018.

“Petugas (Askar) Masjidil Haram melakukan pengetatan aturan masuk kepada sejumlah jemaah umrah yang akan memasuki pelataran utama Kabah,’’ kata Angga Indrawan, jurnalis Republika, yang tengah melakukan umrah, di Makkah, Kamis (16/11).

Menurut dia apa yang dikabarkan di media masa bahwa area ‘mataf’ (pelataran tawaf) yang mengelingi Ka’bah kini menyempit akibat ada bagian yang diskat untuk pengerjaan proyek itu, memang benar adanya.

Tempat tawaf di bagian bawah ini menjadi sempit. Dan bila ingin leluasa melakukan tawaf maka bisa dilakukan di lantai dua dan tiga Masjidil Haram meski dengan risiko putaran tawaf menjadi lebih panjang serta memakan waktu yang lebih lama.

“Seiring renovasi saluran air sumur Zamzam, menyempitnya area utama thawaf jadi pertimbangan yang membuat para asykar hanya pezjiara yang mengenakan ihram saja yang dapat memasuki area utama tawaf tersebut,’’ kata Angga. (IH/Ram)