Jamaah Dilarang Menyentuh Ka’bah

Eramuslim – Usai mensterilisasi Masjidil Haram, kini Pemerintah Arab Saudi sudah membuka kembali akses bagi para jamaah umrah untuk melakukan thawaf mengelilingi kakbah.

Namun Pemerintah Arab Saudi masih membatasi area lokasi kakbah. Jamaah yang melaksanakan thawaf hanya bisa memandangi Kakbah tanpa bisa menyentuhnya, apalagi menciumnya. Selain itu kakbah dipagari hingga ke Hijr Ismail. Hajar Aswad pun tak boleh dicium.

Dilansir dari situs Daily Mail, para jamaah dilarang menyentuh kakbah dan hajar aswad hanyalah sementara. Hal ini sebagai langkah lanjutan Pemerintah Arab Saudi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Seperti di dalam gambar ini, pengunjung masjid dihalangi untuk menyentuh Kakbah, dan ini adalah area yang biasa dan harus mereka (jamaah umrah) lewati. Tapi karena adanya COVID-19 kakbah pun ditutup sementara.

Kemudian, para jamaah pun masih tetap melaksanakan kewajibannya menyelesaikan rangkaian ritual umrah, meski tanpa harus menyentuh Kakbah dan hajar aswad.

Raja Salman mengizinkan jamaah hanya mengitari Kakbah tanpa menyentuhnya sejak Sabtu (7/3/2020) dini hari, seperti laporan resmi dari Saudi Press Agency (SPA).