Permintaan Tanazul Meningkat, Jamaah Pakai Set Kosong

Jamaah haji dalam kondisi sakit bisa mendapat keringanan mendapat pulang lebih awal (tanazul), namun untuk memulangkan jamaah haji tak sederhana harus melalui proses yang cukup panjang dan yang utama mendapatkan izin dari dokter Balai Pengobatan Haji dan dokter penerbangan.

Meski prosesnya agak spesifik, namun jamaah haji akan dipermudah ketika memerlukan izin tanazul, dan pada saat dipulangkan jamaah haji akan menempati tempat duduk jamaah haji yang wafat di tanah suci. "Jamaah haji yang di tanazulkan sebagian besar jamaah sakit dan usia lanjut, karena jika tetap berada di kloternya akan menganggu jemaah haji lainnya," kata anggota Sanitasi dan Surveilans Daerah Kerja Arvian Nevi.

Ia menjelaskan, jamaah haji sakit akan dipulangkan dengan posisi tidur yang telah disediakan oleh maskapai penerbangan baik melalui Garuda maupun Saudi Arabia Airlines, dan sebelum dipulangkan ke tanah air meski menjalani pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

Arvian mengakui jumlah jamaah haji yang meminta ditanazulkan terus meningkat, setiap harinya tercatat hingga mencapai 10 orang jamaah haji.

Proses pemulangan jamaah haji Indonesia ke tanah air telah mencapai 50 persen lebih. Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sampai pukul 15.00 WIB Senin (29/12), tercatat 118 ribu jamaah haji dari jumlah total 210 jamaah haji indonesia telah sampai di tanah air.

Sedangkan, sisanya masih tersebar di kota Jeddah sebanyak 2.393 jamaah, di Mekkah 9.553 jamaah dan terbanyak Madinah 59.774 jamaah. Jamaah yang berada di Madinah akan tinggal selama 8 hari untuk menunaikan ibadah sunnah Arbain seperti hal dilakukan oleh jamaah haji gelombang pertama.

Secara terpisah, Wakadaker Madinah Muizzul Hidayat mengatakan, semua jamaah yang telah dipulangkan melalui bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah berjalan lancar meski pada tahap pemulangan awal mengalami beberapa keterlambatan. Dan proses pemulangan melalui bandara Madinah akan terus dilakukan sampai tanggal 9 januari mendatang.

"Alhamdulillah pemulangan dari madinah berjalan lancar, meski beberapa kloter mengalami penundaan. tetapi sekarang sudah lancar," ujarnya. (novel)