Tiap Musim Haji, Kain Kiswah Ka’bah Digulung 3 Meter

Eramuslim – Penanggung Jawab Urusan Dua Kota Suci, Kamis (18/07/2019), mengumumkan pengangkatan kain Kiswa Ka’bah bagian bawah setinggi 3 meter. Langkah ini sebagai persiapan untuk menghadapi musim haji.

Pihak berwenang menjelaskan bahwa langkah itu untuk menjaga kebersihan, keamanan, gangguan dan kerusakan kain Kiswa seperti robek dan untuk mencegah beberapa peziarah yang ingin memotong sebagian kain Kiswah untuk dijadikan keberkahan.

Gulungan kain penutuk Ka’bah itu nantinya ditutup dengan kain putih. Gulungan itu dilepas setelah musim haji berakhir.

Pengangkatan Kiswah Ka’bah setiap musim haji sudah dilakukan sejak awal Islam, dan sebelum penyebaran komunikasi dan media. Banyaknya Jemaah yang melaksanakan rukun Islam kelima itu dikhawatirkan merusak kain penutup Ka’bah.

Praktik tersebut pun terus berlanjut hingga hari ini tetapi untuk alasan yang berbeda, menurut Dr Mohamed Bagouda, pejabat yang bertanggung jawab atas pembuatan Kiswah Ka’bah kepada Sky News Arabia.

Tirai dinaikkan setiap tahun di pertengahan bulan Dzul Qa’idah hingga pertengahan bulan Muharram, di mana proses pencucian Ka’bah berlangsung.

Patut dicatat bahwa Ka’bah mengenakan pakaian barunya pada hari berdiri di Arafah setiap tahun, dalam apa yang dikenal sebagai hari raya. (ki)