[Video] Jelang Puncak Ibadah Haji 2019, Tenda di Mina Terbakar

Eramuslim – Insiden kebakaran terjadi di wilayah Mina, Mekah, Arab Saudi menjelang puncak ibadah haji tahun 1440 Hijriah. Dalam video yang tersebar, api nampak melahap sejumlah tenda pemanen yang akan digunakan oleh jemaah haji pada saat berada di Mina.

Aparat pemadam kebakaran Arab Saudi hilir mudik di sekitaran lokasi, berjibaku memadamkan api yang semakin membesar. Material tenda yang mudah terbakar ditambah cuaca panas disertai angin kencang membuat api membesar menjalar ke tenda lainnya.

Beruntung, kesigapan aparat pemadam kebakaran sehingga mampu melokalisir kebakaran sehingga tidak meluas ke tenda-tenda lainnya. Sejumlah aparat keamanan Arab Saudi pun berjaga-jaga di sekitar lokasi dan menutup akses jalan untuk umum.

Saat dikonfirmasi, Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin yang kebetulan tengah mengunjungi tenda di Arafah, mengakui peristiwa tersebut. Hanya, insiden kebakaran itu tidak menimpa tenda jemaah haji Indonesia.

“Saya mendapatkan informasi dan laporan bahwa betul kemarin ada sedikit insiden kebakaran tenda di Mina, tapi ini skupnya kecil saja,” kata Lukman saat meninjau persiapan tenda di Mina, Mekah, Arab Saudi, Senin sore, 5 Agustus 2019.