5 Ramadhan in History

Eramuslim – Tanggal 5 Ramadhan menjadi saksi sejarah kelam umat Muslim di dunia, khususnya bangsa Palestina, setelah runtuhnya Khilafah Ottoman yang dipimpin oleh Sultan Hamid II oleh Mustafa Kemal Ataturk pada awal abad ke 19.

Ditanggal tersebut umat Islam hanya bisa mendengar berita tentang pembantaian tentara Zionis Yahudi terhadap bangsa Pasletina dan tidak dapat berbuat apapun. Peristiwa apakah yang dimaksud?

Berikut sejarah umat Islam ditanggal 5 Ramadhan;

Pembantaian Zionis Israel di kota Al Lydd Palestina

Pada tanggal 5 Ramadhan atau bertepatan dengan 11 Juli 1948, komando unit Israel yang dipimpin oleh Moshe Dayan menyerang kota Al Lydd Palestina pada sore hari. Ratusan warga sipil Palestina yang baru saja berbuka puasa tewas dibunuh tentara penjajah.

pambantaian Lydd

Setelah puas membantai 426 warga Palestina, Moshe Dayan mengumpulkan seluruh warga kota dilapangan dan memaksa mereka untuk segera meninggalkan kota dalam waktu setengah jam, atau akan dibunuh jika tetap berada di kota.

Warga Palestina yang ketakutan segera meninggalkan kota dengan baju seadanya dan tanpa bekal makanan serta minuman.

Menurut catatan para sejarawan, ratusan warga kota Lydd dinyatakan tewas dalam perjalanan mereka ke luar Palestina untuk menyelamatkan diri dari kekejaman tentara Zionis Israel.