free hit counters
 

Dua Ramadhan In History

zahid – Jumat, 18 Mei 2018 17:15 WIB

Eramuslim – Tanggal 2 Ramadhan menjadi hari bersejarah bagi sejumlah peritiwa penting umat Islam, baik semasa Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi wa Sallam hidup maupun wafat.

Apa saja peritiwa penting pada 2 Ramadhan? Mari kita kembali menyelami sejarah;

Pertempuran Tours

Atau yang dikenal dalam sejarah sebagai Pertempuran Poitiers atau dalam bahasa Arab bernama ma‘arakat Balâṭ ash-Shuhadâ, terjadi pada 2 Ramadhan tahun 114 Hijiriyah (Oktober 732 Masehi).

Dalam pertempuran ini bangsa Frank dan Burgundi pimpinan Charles Martel, pemimpin Austria, berhasil memukul mundur pasukan Muslimin yang sedang melakukan dakwah ke Eropa di bahwa bendera Dinasti Umayyah.

Selain memenangkan pertempuran Charles Martel juga berhasil membunuh pemimpin pasukan Muslimin Abdul Rahman Ghaafiqi, yang menyebabkan mundurnya tentara Islam dari Austria.

Pertempuran Marj Al Saffar (1303)

Pertempuran antara umat Islam yang dipimpin oleh Sultan Annasir Muhammad melawan tentara Mongol yang dipimpin oleh Qutlugh Shah dimulai pada 2 Ramadhan tahun 702 Hijriyah, atau bertepatan dengan 22 April 1303 Masehi.

Pertempuran yang berlangsung di wilayah selatan Damaskus ini pada akhirnya dapat dimenangkan oleh kaum Muslimin.

Jatuhnya Dinasti Umayyah dan Bangkitnya Dinasti Abbasiyah

Tanggal 2 Ramadhan 132 Hijriyah atau bertepatan dengan 13 April 750 Masehi menjadi hari bersejarah jatuhnya Bani Umayyah, setelah Abdullah Abu Abbas berhasil menguasai ibukota Damaskus.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus