Tangkal Kejahatan, Dubai Kini Pekerjakan Polisi Cyborg

Eramuslim – Minggu 21 Mei 2017, Kepolisian Dubai mengumumkan bergabungnya polisi cyborg pertama di dunia di dalam kesatuan aparat keamanan. Dibekali dengan spesifikasi canggih, polisi robot ini mampu mengidentifikasi seorang penjahat dan mereka yang meminta pertolongan.

“Polisi cyborg siap untuk melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan berkontribusi dalam perlindungan kota, serta kerjasama dengan penduduk Emirat dan jutaan wisatawan di jalan-jalan kota,” ujar Direktorat Jenderal Pelayanan Cerdas di kepala Kepolisian Dubai, Brigjen Khaled Nasser Al-Razzuqi di sela-sela pameran dan konferensi Keamanan Informasi Teluk.

Brigjen Khaled Nasser Al-Razzuqi melanjutkan, “Polisi cyborg memiliki tinggi 170 cm dan berat 100 kg, serta sistem kecerdasan buatan dan sensor yang dapat mengetahui adanya kejadian dari jarak hingga 1,5 meter, seperti polisi manusia pada umumnya.”

Brigjen Khaled Nasser Al-Razzuqi optimis bahwa polisi cyborg memiliki kelebihan dibandingkan polisi manusia pada umumnya, seperti tidak adanya pelatihan, asuransi kesehatan ataupun prosedur tertentu untuk penempatan wilayah kerja. (Almasryalyoum/Ram)