The Guardian Nobatkan Era Obama Sebagai Periode Berdarah Amerika

B. ObamaEramuslim – Jelang berakhirnya masa jabatan Presiden AS ke 44, Barack Obama, surat kabar asal Inggris The Guardian menobatkan era masa jabatan presiden kulit hitam pertama Amerika sebagai “periode berdarah”.

Julukan ini diberikan mengacu pada 26.171 bom yang dijatuhkan Amerika Serikat di berbagai tempat dunia di tahun terakhir masa kepemimpinan Obama, atau setara dengan 72 bom yang dijatuhkan setiap harinya.

The Guardian mencatat bahwa bom-bom tersebut dijatuhkan pasukan AS di negara-negara Muslim, dan mayoritas di kawasan Dunia Arab seperti Suriah, Irak, Afghanistan, Pakistan, Libya, Yaman, dan Somalia.

Obama telah melebihi George W. Bush sebagai bapak perang AS yang memicu konflik di kawasan Dunia Arab. Dalam 2 periode masa pemerintahannya Obama telah melakukan pemboman dan operasi khusus melebihi apa yang dilakukan Presiden AS ke 43.

Menurut catatan surat kabar asal Inggris, AS di bawah Obama telah melakukan intervensi di 138 negara di seluruh dunia, atau meningkat sekitar 130% dari apa yang terjadi di era Bush. (Arabi21/Ram)