The Washington Post: Para Tiran Kuasai Media Dan Medsos Untuk Dukung Kekuasaan Mereka

kantor washington postEramuslim – Surat kabar The Washington Post mengungkapkan bahwa situs jejaring sosial dan media menjadi senjata ampuh bagi para penguasa tiran untuk mematikan pergerakan kaum perubahan yang menjadi oposisi abadi pemerintah.

Surat kabar kenamaan asal Amerika Serikat ini menyatakan bahwa saat ini bukan zamannya untuk menutup ataupun memblokir media-media dan jejaring sosial agar dapat melanggengkan kekuasaan suatu tirani.

“Para penguasa justru kini belajar untuk memanfaatkan media dan jejaring sosial untuk kepentingan kekuasaan mereka,” seperti ditulis The Washington Post dalam terbitannya hari Sabtu (04/03) kemarin.

The Washington Post menyatakan ada 4 manfaat yang ditawarkan oleh situs jejaring sosial bagi para penguasa tiran untuk melanggengkan kekuasaan mereka, berikut 4 mekanisme memanfaatkan media dan jejaring sosial;

1. Para penguasa mengetahui keluhan dan orientasi politik lawan-lawan mereka terhadap pemerintah. Ini adalah informasi ini sangat berharga, akan tetapi biasanya tetap tersembunyi.

2. Jejaring sosial dan media dapat menjadi sarana tiran yang sangat diandalkan untuk mengukur efektivitas pejabat setempat, yang sering tidak bertanggung jawab di daerah mereka sendiri.

3. Menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan pendukung rezim dan dapat digunakan untuk mengatur dan memobilisasi mereka.

4. Dapat digunakan penguasa tiran dalam menyebarkan propaganda cara yang lebih efisien dan membentuk wacana publik di kalangan masyarakat. (Rassd/Ram)