Trump Datang, Raja Saudi Resmikan Pusat Perang Ideologi Terorisme

Eramuslim – Minggu 21 Mei 2017, Raja Salman bin Abdulaziz dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump meresmikan berdirinya Pusat Global untuk Memerangi Ideologi Ekstremis (EATEDAL) di ibukota Riyadh, Arab Saudi, di sela KTT Arab-Islam-Amerika.

“Terorisme adalah produk dari terorisme itu sendiri. Keputusan untuk mendirikan EATEDAL berasal dari kebutuhan untuk menghadapi dan memeranginya,” ujar Raja Salman dalam pidato pembukaan EATEDAL, seperti dilansir surat kabar Sharq Al Awsath.

Raja Salman melanjutkan, “Pusat ini akan membantu memperkuat keluarga dan masyarakat serta melindungi mereka dari godaan untuk bergabung dalam terorisme. Ini akan berlangsung dan bekerja sama dengan negara-negara pencinta perdamaian dan organisasi internasional.”

Selain itu Raja Salman kembali mengutarakan tekadnya untuk memerangi dan menumpas ISIS. “Sebagai bagian dari perang melawan terorisme, kami menekankan tekad untuk menghancurkan ISIS dan kelompok teroris lainnya, terlepas dari agama, sekte, atau ideologi mereka,” ujarnya.

Menurut Raja Salman, salah satu upaya yang ditempuh terkait hal tersebut adalah dengan membentuk Koalisi Militer Islam. “Ini yang mendorong kami membentuk Koalisi Militer Islam untuk Memerangi Terorisme, sebuah langkah perintis untuk melawan tindakan teror,” Raja Salman menekankan.

Trump yang hadir dalam acara peresmian, mengapresiasi hadirnya EATEDAL. Ia menilai, pembentukan EATEDAL sebagai langkah penting dalam konfrontasi melawan terorisme dan kelompok teroris di seluruh dunia. (Rol/Ram)