Turki Akan Rekontruksi Masjid Rusak Di Suriah

Eramuslim – Yayasan amal yang dikelola pemerintah Turki berjanji akan memperbaiki puluhan masjid di Suriah yang rusak akibat perang yang melanda negara ini sejak 6 tahun terakhir.

Dilansir dari keterangan Kepala Yayasan Diyanet Turki, Mustafa Tutkun, mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk bekerja sama dengan Perdana Menteri Turki untuk membangun dan memperbaiki 66 masjid yang rusak dan hancur di Suriah.

Untuk proyek ini, Mustafa Tutkun menyampaikan bahwa pihaknya akan menjalankannya di wilayah Cobanbey, Azaz dan Jarabulus, sejumlah wilayah yang kini dikuasai kelompok pejuang revolusi di kawasan utara Suriah.

“Kami telah menyelesaikan perbaikan masjid Kabir, Nur dan Hasan di Jarabulus dan telah membuka kembali untuk digunakan sholat,” ujar Mustafa Tutkun pada hari Minggu (23/04) kemarin.

Mustafa Tutkun melanjutkan, “Hingga kini Yayasan Diyanet Turki telah memperbaiki dan membuka kembali 127 masjid di Suriah yang telah dirusak oleh kelompok teror PKK di timur dan tenggara Turki, berkerjasama dengan Direktorat Agama Turki.” (Anatolia/Ram)