UEA akan Tanam Pohon Kurma di Mars

Eramuslim – Uni Emirat Arab terus mengembangkan misi luar angkasanya. Setelah berhasil mengirim satelit untuk menjajaki planet Mars, kini UEA berencana menanam pohon-pohon kurma dan selada di planet Merah tersebut.

Rencana penanaman pohon kurma di Planet Mars dijabarkan dalam Dubai Airshow yang meliputi berbagai pameran, konferensi, dan para pembicara, antara lain mantan astronot NASA Nasa Apollo 15, Al Worden.

“Ada kesamaan antara planet Mars dan padang pasir,” kata Rashid Al Zaabi, perencana strategis senior di UAE Space Agency. “Struktur tanahnya sama dengan UEA.”

Jadi, UEA memutuskan untuk menggelontorkan dana ke dalam dua proyek penelitian, yakni penanaman pohon-pohon kurma, tomat, dan stroberi di Mars.

“Nah, saat kita sampai di sana, kita harus makan,” kata Al Zaabi.

Pohon kurma terpilih untuk ditanam di sana karena ada kemungkinan mereka bisa tumbuh di Mars, kata Al Zaabi.

Meski hal ini terdengar aneh, namun ada alasan yang mendasari ekonomi. UEA, khususnya Dubai dan Abu Dhabi, mencoba memompa ekonomi ke depan dalam persiapannya untuk mengakhiri era minyak.

Ini dimulai dengan pengembangan industri pariwisata dan penerbangan, serta layanan terkait dan teknik yang menyertainya. Kini UEA beralih ke sektor sains dan pengembangan teknologi mutakhir.