UNHCR: Jumlah Korban Tewas Tenggelam Di Laut Mediterania Melebihi 10 Ribu Orang

kapal pengungsi yang akan tenggelamEramuslim – Selasa 7 Juni 2016, Komisaris Tinggi untuk urusan Pengungsi PBB “UNHCR” mengumumkan bahwa jumlah korban tewas akibat tenggelam di Laut Mediterani sejak tahun 2014 hingga hari Selasa kemarin melebihi 10 ribu orang.

Laporan ini disampaikan juru bicara UNHCR, Adrian Edwards, dalam konferensi pers di Kantor PBB di Jenewa, Swiss, menanggapi meningkatnya korban tewas para pengungsi selama menyeberangi Laut Mediterania menuju dataran Eropa.

Sementara itu dalam konteks yang sama, Organisasi Internasional untuk Migrasi “IOM” melalui juru bicara Joel Millman menyatakan bahwa jumlah para pencari suaka yang telah tiba di dataran Eropa sejak awal tahun 2016 mencapai 206.400 orang.

Jumlah tersebut berkurang jauh jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 yang mencapai angka 809.000 orang.

Sedangkan korban tewas akibat tenggelam di Laut Mediterania selama 5 bulan pertama di tahun 2016 1.809 orang yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika. (Anatolia/Ram)