UNHCR: Setengah Populasi Pengungsi Dunia Berasal Dari Bangsa Arab

Eramuslim – Komisi Tinggi PBB untuk urusan Pengungsi “UNHCR” melaporkan bahwa 50 persen dari jumlah pengungsi di seluruh dunia merupakan bangsa Arab dan umat Muslim, termasuk 37 persen diantaranya berasal dari Suriah dan Somalia.

“Laporan statistik UNHCR tidak temasuk pengungsi Palestina yang terdaftar dalam Badan PBB untuk urusan Pengungsi Palestina (UNRWA). Dan jika digabungkan jumlah pengungsi Arab dan umat Islam lebih dari angka tersebut,” ujar Kepala Bulan Sabit Merah Yordania, Mohamed Hadid, dalam pembukaan Rapat Umum ke-42 Forum Organisasi Arab Bulan Sabit Merah dan Palang Merah.

Mohamed Hadid melanjutkan, “Masyarakat internasional harus menemukan solusi politik untuk mengakhiri peperangan di Dunia Arab, tidak hanya mengirimkan makanan dan bantuan media. Tercatat ada 14 peperangan di wilayah ini dari 34 peperangan yang terjadi di seluruh dunia,” seperti dilansir Huffington Post.

Sementara itu Direktur Regional Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Mohammad Omar Mukhyar, memprediksi konflik di kawasan Dunia Arab dan Afrika utara serta bencana alam akan menyebabkan jumlah pengungsi dunia menyentuh angka 57 juta orang pada tahun 2017. (Rassd/Ram)