Uni Eropa Ngeri Jika Turki Perang Dengan Yunani, Serukan Damai

Borell meminta dukungan Parlemen Eropa untuk mengurangi ketegangan dengan Turki, dia juga mengatakan hal lain akan merusak upaya untuk menyelesaikan masalah Siprus. Borell juga mengatakan Turki adalah mitra kunci di banyak bidang.

“Akan sulit untuk percaya bahwa kita dapat menyelesaikan arus migrasi tanpa bantuan Turki,” ujar dia.

Ketegangan di kawasan itu telah tinggi sejak Turki melanjutkan eksplorasi energi di Mediterania Timur bulan lalu, setelah Yunani dan Mesir menandatangani kesepakatan pembatasan maritim yang kontroversial, menolak isyarat niat baik Ankara untuk menghentikan pencarian sebelumnya.

Meski mendapat tentangan dari Yunani dan beberapa negara lain, Turki telah berulang kali memperluas eksplorasi energi kapal penelitiannya, Oruc Reis, di suatu daerah di dalam landas kontinen Turki.

Turki secara konsisten menentang upaya Yunani untuk mendeklarasikan zona ekonomi eksklusif yang berbasis di pulau-pulau kecil di dekat pantai Turki, melanggar kepentingan Turki, negara dengan garis pantai terpanjang di Mediterania.

Ankara juga menekankan sumber daya energi di dekat pulau Siprus harus dibagi secara adil antara Republik Turki Siprus Utara dan pemerintahan Siprus Yunani.(rol)

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/uni-eropa-konfrontasi-tidak-akan-menawarkan-solusi-untuk-mediterania-timur/1974773