USA Today; AS Beri 2 Juta Dolar Setiap Pejuang Moderat Suriah Didikan Pentagon

dolarEramuslim – Surat kabar USA Today mengungkapkan bahwa Pentagon memberikan uang sedikitnya 2 juta dolar AS kepada setiap pejuang Suriah yang mengikuti program pelatihan AS untuk memerangi organisasi Negara Islam di Suriah.

Sumber kami di Pentagon mengatakan bahwa dari 180 pejuang moderat yang telah disaring, dilatih dan dipersenjatai, hanya ada 145 pejuang yang berpartisipasi dalam program ini, dan di 95 orang antaranya 95 berada di Suriah saat ini.

Menurut pejabat tersebut, dana sekitar 384 juta dolar AS telah dihabiskan untuk program pelatihan dan mempersenjatai pejuang moderat Suriah yang ditutup bulan Oktober kemarin, seperti dilansir USA Today dalam terbitannya hari Jum’at (06/11) kemarin.

“Sebenarnya dana sebesar itu akan digunakan untuk melatih sekitar 5 ribu pejuang moderat untuk melawan mujahidin Islam Suriah setiap tahunnya,” ujar pejabat Pentagon kepada USA Today.

Sementara itu dalam konteks terkait, juru bicara Pentagon Elissa Smith menjelaskan bahwa dana sebesar itu telah digunakan untuk membeli senjata, peralatan, biaya pelatihan dan akomodasi bagi setiap pejuang yang dilatih AS. (Almasryalyoum/Ram)