free hit counters
 

Vietnam Marah, China Gelar Latihan Militer Dekat Kepulauan Paracel

Redaksi – Jumat, 3 Juli 2020 11:00 WIB

Eramuslim.com – Vietnam kembali mengajukan keluhan atas latihan militer China di Laut China Selatan yang baru-baru ini dilakukan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Vietna, Le Thi Thu Hang dalam konferensi pers pada Kamis (2/7) mengatakan latihan militer China di Laut China Selatan akan merusak hubungannya dengan ASEAN.

“Latihan China di sekitar (Kepulauan Paracel) secara serius melanggar kedaulatan Vietnam,” tegas Hang seperti dikutip Reuters.

“Kami meminta agar China tidak mengulangi tindakan serupa di Laut China Selatan,” lanjutnya.



Hang mengatakan pihaknya telah menghubungi China untuk menyampaikan nota diplomatik atas protes tersebut.

Pada Rabu (1/7), China diketahui telah memulai latihan militer selama lima hari di perairan dekat Kepulauan Paracel yang selama ini diklaim China.

Dalam KTT ASEAN ke-36, Vietnam dan Filipina juga telah menyuarakan kekhawatiran atas aksi China di Laut China Selatan, khususnya di tengah pandemik Covid-19. Beijing dianggap memanfaatkan situasi pandemik agar bisa meningkatkan aktivitas di wilayah yang disengketakan.

Pasalnya, pada awal April, Vietnam juga mengatakan, salah satu kapal penangkap ikannya ditenggelamkan oleh kapal pengawas maritim China.  (Rmol)

Berita Terbaru