Viral Foto Pembakaran Al Qur’an di Xinjiang, Ini Kebenarannya

Eramuslim – Persekusi muslim suku Uighur di Xinjiang oleh pemerintah China tengah menjadi sorotan dunia internasional. Seiring dengan pembahasan itu, muncul foto-foto viral di media sosial tentang pembakaran Al Qur’an di Xinjiang. Ternyata cuma satu foto yang benar dari Xinjiang, namun ini memicu salah paham.

Pengecekan fakta ini dilakukan AFP Indonesia dan AFP Hong Kong, dilansir Senin (20/1/2020). Tiga foto dibagikan ribuan kali di Facebook, disertai klaim bahwa Al Qur;an telah dibakar di Xinjiang.

“Hanya satu dari foto-foto ini yang diambil dari Xinjiang selama pemusnahan barang-barang sitaan keagamaan ‘ilegal’ tahun 2014. Dua foto lainnya sebenarnya menunjukkan tumpukan Al Qur’an-Al Qur’an rusak oleh Kedutaan Arab Saudi di Maroko tahun 2016,” demikian tulis kantor berita asal Perancis ini.

Foto-foto ini beredar sejak 10 Januari 2020 kemarin. Postingan ini telah dibagikan lebih dari 9.200 kali. Foto pertama menunjukkan sejumlah pria berdiri di sekeliling tumpukan pelbagai barang. Foto kedua dan ketiga menunjukkan cetakan Al Qur’an berada di atas tanah. Gambar yang memicu kesalahpahaman tersebut adalah seperti ini:

Unggahan itu dilengkapi dengan keterangan berbahasa Indonesia dan Arab ini diakhiri dengan pesan, “Bagikan dan sebarkan kejahatan komunis Tiongkok terhadap Muslim.” Ada tulisan Arab ‘al muslimin; di akhir keterangan. Keterangan itu menggunakan istilah ‘Turkestan Timur’.

Kelompok hak asasi manusia dan ahli mengatakan lebih dari sejuta orang Uighur dan minoritas muslim lain telah ditahan di kamp konstentrasi di provinsi bagian barat laut China itu. Radio Free Asia, media yang berbasis di Washington Amerika Serikat (AS), melaporkan pada September 2017, otoritas China telah meminta keluarga muslim menyerahkan barang-barang keagamaan, termasuk Al Qur’an dan sajadah, kepada otoritas.