Wabah Penyakit Menyerang, Ini yang Dilakukan Salafus Shalih Ketika di Rumah

Masruq adalah ulama dari kalangan tabi’in, merupakan murid dari para sahabat Nabi Muhammad seperti Abdullah bin Mas’ud, Ali bin Abi Thalib, dan Aisyah binti Abu bakar. Itu makanya di masuk dalam kelompok Salafus Shalih

Masyruq memiliki sifat zuhud, wara, serta gemar beribadah. Anas bin Sirrin menuturkan, istri Masruq pernah bercerita, “Masruq pernah salat hingga kedua telapak kakinya bengkak. Terkadang aku duduk di belakangnya sambil menangis karena melihat apa yang diperbuatnya terhadap dirinya.”

Kisah Masruq menginspirasi Muslim bahwa anjuran untuk di rumah saja atau #dirumahaja saat wabah Corona melanda, di satu sisi justru merupakan kesempatan untuk lebih banyak beribadah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Barangkali tidak mungkin untuk mengejar level ibadah Masruq bin al-Ajda al-Wadi’i yang karena saking lamanya salat, kakinya sampai bengkak-bengkak. Namun minimal bisa menyempurnakan ibadah wajib serta memperbanyak ibadah sunah yang selama ini banyak dilupakan karena berbagai kesibukan sehari-hari.

Selalu ada hikmah di setiap kejadian selama memaknainya untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan ibadah kepada Allah. Ingat, wabah Corona juga bagian dari takdir Allah, pasti ada makna, tak ada yang sia-sia. (okz)