Wakil Menteri Transportasi Inggris Dipecat karena Beragama Islam

wakil menteri transportasi

eramuslim.com – Nusrat Ghani, Wakil Menteri Transportasi Inggris jadi sorotan pasca mengungkapkan alasan pemecatan dirinya. Dikabarkan, ia dipecat lantaran menganut Agama Islam.

Selanjutnya dijelaskan bahwa rekan-rekannya di bawah pemerintahan Perdana Menteri Boris Johnson merasa tidak nyaman soal keyakinannya itu.

Dikabarkan bahwa Nusrat Ghani (49) mengaku kehilangan pekerjaannya sebagai wakil menteri pada Februari 2020. Ghani diberi tahu oleh penegak disiplin parlemen bahwa statusnya yang seorang muslim diyakininya dianggap sebagai masalah dalam pemecatannya.

“Saya diberitahu pada saat pertemuan reshuffle di Downing Street bahwa status ‘Muslim’ diangkat sebagai ‘isu’. Dan status ‘Menteri Wanita Muslim‘ saya membuat rekan-rekan tidak nyaman,” demikian pernyataan Ghani, yang dikenal sebagai Menteri Muslimah pertama Inggris.

“Saya tidak ingin berpura-pura bahwa ini tidak menggoyahkan kepercayaan saya pada partai. Saya kadang-kadang mempertimbangkan apakah akan melanjutkan sebagai anggota parlemen,” ungkapnya, seperti yang dilansir dari Detikcom pada Minggu 23 Januari 2022.

Selanjutnya dijelaskan bahwa, hingga kini belum ada tanggapan dari Kantor Perdana Menteri Downing Street soal pemecatan tersebut. Namun Kepala Penegak Disiplin Parlemen Mark Spencer mengatakan dirinya adalah orang yang menjadi pusat tuduhan Ghani.

“Tuduhan ini sepenuhnya salah dan saya menganggapnya sebagai fitnah,” kata Spencer di Twitter.

Kemudian, Spencer juga menyebut bahwa Ghani telah menolak untuk membawa masalah ini ke penyelidikan internal formal ketika masalah tersebut pertama kali diungkap pada Maret 2021 lalu.

Pemimpin oposisi utama Partai Buruh Keir Starmer mengatakan Partai Konservatif harus segera menyelidiki tuduhan Ghani.

“Ini mengejutkan untuk dibaca,” tulisnya di Twitter.