WHO Peringatkan Dunia Ancaman Penyakit Misterius “X”

“Penyakit X mewakili pengetahuan bahwa epidemi internasional yang serius bisa disebabkan oleh patogen yang sekarang belum diketahui menyebabkan penyakit manusia,” ujar WHO dikutip The Independent, Minggu (11/03).

WHO menganggap penyakit “X” masih misterius karena belum jelas asal-usul penyakit ini apakah disebabkan patogen mutan, seperti flu Spanyol, atau apakah pemicunya adalah patogen yang telah diketahui namun menunjukkan fitur yang sebelumnya tidak diketahui. Atau mungkin juga bisa muncul pemicu yang tidak diketahui sebelumnya.

Menurut para ahli, kemungkinan besar adalah bahwa “penyakit X” merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan dari binatang liar ke manusia, seperti pandemi Ebola di Afrika Barat (2013-2016). Pandemi Ebola ini terjadi setelah seekor kelelawar yang terinfeksi virus menggigt seorang bocah, yang kemudian menginfeksi keluarganya. Virus kemudian menyebar dengan cepat menewaskan hampir 11.000 orang meninggal di Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

Sementara itu kepala eksekutif Dewan Riset Norwegia, John-Arne Rottingen, mengatakan, “Dari sejarah dapat dipelajari bahwa wabah besar berikutnya kemungkinan akan menjadi sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya.”

Ilmuan yang juga menjabat penasehat WHO ini bahkan menyebut hal ini sebagai hal aneh menambahkan “X” dalam daftar tersebut.

Namun dirinya memastikan ini dilakukan untuk mempersiapkan dan merencanakan secara fleksibel dalam hal vaksin dan tes diagnostik. (dw/kmp/Ram)