William Hague: Inggris Siap Memberi Suaka Bagi Pengungsi Suriah

menlu inggrisMenteri Luar Negeri Inggris William Hague berencana untuk memberikan suaka bagi beberapa orang pengungsi Suriah untuk tinggal di Inggris, ujar Hague kepada wartawan.

Hague menambahkan “Menteri Dalam Negeri Theresa May sedang mempertimbangkan bagaimana proses tersebut dapat dilaksanakan dan syarat apa saja yang harus dipenuhi ,” ia juga menyatakan bahwa akan memberikan rincian lebih lanjut mengenai hal tersebut dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu ketika ditanya mengenai warga Inggris yang ikut berjuang di Suriah Hague menyampaikan bahwa pemerintahannya secara bijaksana menerima kepulangan mereka dari Suriah.

Dalam laporan Perdana Menteri Inggris David Cameron kepada anggota parlemen Inggris mengatakan bahwa “pemerintahannya telah menerima lebih dari seribu pencari suaka dari Suriah dalam beberapa bulan terakhir.”

David Cameron menambahkan bahwa kedepannya pemerintah Inggris akan menerima beberapa ratus pengungsi dengan syarat dan kondisi tertentu seperti mereka yang tidak dapat tempat di kamp pengungsian di negara tetangga Suriah.

Konflik yang berlangsung sejak tahun 2011 lalu telah mengakibatkan sekitar 9,5 juta orang terlantar dan menyebabkan krisis kemanusiaan yang serius di Suriah dan negara-negara tetangga. (Bbcarabic/Ram)