World Halal Summit: Sudah Saatnya Produk Halal Lebih Murah Daripada Yang Haram

world-halal-summitEramuslim – Tingginya harga bahan makanan halal dengan tidak halal menjadi pembahasan serius dalam World Halal Summit dan Helal Expo yang diselenggarakan di ibukota Turki, Istanbul, pada tanggal 15 hingga 17 Desember besok.

“Sudah seharusnya produk halal tidak semahal produk lainnya yang tidak halal. Karena produk dengan harga yang lebih murah menjadi produk yang paling kompetitif,” ujar Presiden Federasi Halal Dunia, Ahmad Galayr.

Ahmad Galayr melanjutkan, “Ada 1,860 juta Muslim di dunia ini yang hanya berfokus pada konsumen. Mereka tidak memiliki informasi apapun terkait produk yang dikonsumsinya. Sudah saatnya negara-negara Muslim berkumpul membahas spesifikasi produk halal, yang dapat menjadi standar bagi negara-negara Muslim.”

Sementara itu Chief Executive Officer “Dinar Standard,” Rafi’uddin Chico, menyayangkan dunia Islam yang hanya menjadi market produsen-produsen non-Muslim, dan meminta negara-negara Muslim untuk berinvestasi bersama untuk menjadikan Islam sebagai produsen produk-porduk mereka sendiri.

Lain lagi dengan Dewan Direktur Food muslim di Eropa, Qureshi Iqbal Ahmed, yang mengatakan bahwa produk halal kini telah merambah hingga di bidang obat serta kosmetik. Dan berharap dunia Islam mampu memenuhi tantangan tersebut. (Anatolia/Ram)