Yedioth Ahronoth: Krisis Qatar Sebabkan Hubungan Saudi-Israel Membaik

Image processed by CodeCarvings Piczard ### FREE Community Edition ### on 2014-04-08 09:45:21Z | | ‚

Eramuslim – Surat kabar berbahasa Ibrani Yediot Ahronot mengungkapkan bahwa krisis Qatar telah menyebabkan membaiknya konsolidasi hubungan antara pemerintahan Kerajaan Arab Saudi dengan Zionis Israel.

“Secara terang-terangan Menteri Intelijen Zionis Israel, Yisrael Katz telah meminta Raja Saudi Raja Salman bin Abdul Aziz untuk mengundang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berkunjung ke Riyadh,” seperti dilansir Yediot Ahronot dalam terbitannya kahir pekan kemarin.

Yisrael Katz melanjutkan, “Pendudukan Zionis Israel siap untuk berkerjasama dan bermitra dengan Arab Saudi dan negara-negara Teluk dalam bidang keamanan, khususnya dalam melawan hegemoni Syiah Iran dan pengikutnya, dengan imbalan membaiknya hubungan Tel Aviv dan Riyadh.”

Dalam konteks terkait, Yediot Ahronot menunjukkan upaya Menteri Pariwisata Israel Yariv Levin yang kini membolehkan pasien dari Negara Teluk untuk menerima perawatan di rumah sakit Zionis Israel sebagai langkah awal normalisasi hubungan Tel Aviv dengan negara-negara Arab.

Sementara itu dalam sisi yang berlawanan, blokade Saudi, Bahrain, UEA dan Mesir justru menyebabkan mesranya hubungan Qatar dengan pemerintah Iran, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.

Hal ini dibuktikan dengan pengumuman kerjasama bernilai hampir $5 miliar untuk membangun fasilitas pengeboran gas di lepas pantai di kawasan Teluk “ ladang gas South Pars” dengan perusahaan energi raksasa asal Perancis Total yang akan ditandangani pada hari Senin (3/07) ini.  (Arabi21/Ram)