free hit counters
 

Yunani akan Beli S-300 Triumph Buatan Rusia untuk Hadapi Turki

Redaksi – Rabu, 27 Muharram 1442 H / 16 September 2020 08:00 WIB

Eramuslim.com – Pemerintahan Yunani diam-diam tengah melobby untuk mendapatkan sistem pertahanan udara S-300 Triumph buatan Rusia di tengah ketegangan dengan negara tetangganya Turki.

Dikutip VIVA Militer dari Greek DefanceNet.gr, Yunani saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Rusia untuk meningkatkan S-300 PMU-1 mereka menjadi S-300 PMU-2. Peningkatan sistem pertahaan udara itu diyakini tidak akan melanggar larangan senjata NATO terhadap federasi Rusia.

“Versi PMU-2 dari S-300 membawa sistem cukup dekat dengan kinerja S-400 Turki. Ini mencakup stasiun komando dan kontrol 54K6E2, radar perangkap 30N6E2 (evolusi dari radar 30N6E yang sudah beroperasi) dan versi baru untuk radar pencarian jarak jauh yaitu NIIP 64N6E2 Big Bird,” kata Greek DefenceNet dikutip VIVA Militer dari AMN, Selasa, 15 September 2020.

Untuk diketahui, rencana Yunani membelian S-300 buatan Rusia itu bukanlah hal yang mustahil. Meskipun Turki sudah lebih dulu memiliki S-400 Triumph dari Rusia, tidak menutup kemungkinan Yunani akan mendapatkan senjata andalan Rusia itu untuk menandingi pertahanan udara Turki.

Sebagaimana telah diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Pemerintah Yunani telah mempersiapkan anggaran sebesar 34 miliar Euro khusus untuk militer Yunani dalam mengatasi ketegangan di Laut Mediterania Timur kali ini. Tidak hanya itu, Amerika Serikat juga baru saja membebaskan Yunani dari embargo senjata pekan lalu. Dengan kondisi seperti itu, tidak menutup kemungkinan keinginan Yunani mendapatkan sistem pertahanan udara S-300 buatan Rusia dapat terwujud dalam beberapa waktu ke depan.  (viva)

Berita Terbaru