free hit counters
 

Kisah Gadis Cantik Turki Jatuh Cinta Pada Aceh Darussalam

Redaksi – Kamis, 27 Safar 1440 H / 8 November 2018 06:00 WIB

Eramuslim.com – Bukan cuma kekayaan alam dan keberagaman budaya saja yang menarik wisatawan asing untuk berkunjung bahkan mengenal lebih dalam tentang Indonesia, namun juga sejarah Islam di dalamnya. Ialah Edanur Yıldız, gadis asal Turki yang tertarik mempelajari sejarah kota Serambi Makkah atau Aceh.

Remaja 18 tahun ini gemar membaca sejarah Aceh serta hubungannya dengan kota asalnya, Ottoman

“Saya mencintai negeri saya, dan saya mencari tentang sejarah Ottoman dan menemukan sejarah Aceh dengan Ottoman, lalu jatuh cinta dengan Aceh. Belajar sejarah Aceh sangat penting bagi saya,”ujar Edanur saat dihubungi kumparan (kumparan.com) pada Selasa (27/2).

Tak hanya itu, Edanur juga gemar membaca karya Jalaludin Rumi, seorang penyair sufi yang lahir di Balkh pada 30 September 1027 Masehi.

“Mengutip dari Jalaludin Rumi, ‘kenali masa lalu untuk menyongsong masa depan, jangan lupakan dari mana asalmu dan jangan terkejut di mana kamu akan berpergian’,” kata Edanur.

Lalu bagaimana hubungan Indonesia khususnya Aceh dengan Turki?

Masjid Agung Baitul Makmur, Aceh BaratMasjid Agung Baitul Makmur, Aceh Barat (Foto:Syifa Yulinnas/Antara)

Kesultanan Turki Utsmani pernah menjalin hubungan diplomatik dan perdagangan rempah-rempah dengan Kesultanan Aceh Darussalam yang berdiri pada abad ke-16 dan dipimpin oleh Sultan Ali Mughayat syah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Dakwah Mancanegara Terbaru

blog comments powered by Disqus