1001 Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

Eramuslim.com – ADA 1001 manfaat bagi orang yang merutinkan zikir pagi-sore.. di dua waktu ini, Allah memotivasi kita untuk kita jadikan sebagai waktu berzikir.

Allah perintahkan Nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk selalu istighfar dan banyak berzikir setiap pagi dan sore.

“Mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.” (QS. Ghafir: 55).

Allah perintahkan Nabi Zakariya untuk rutin berdzikir setiap pagi dan sore, “Perbanyaklah berdzikir menyebut nama Rabmu, dan sucikan Dia setiap sore dan pagi. (QS. Ali Imran: 41).

Allah juga memuji orang yang rajin zikir dan berdoa setiap pagi dan petang, “Bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap wajah-Nya” (QS. al-Kahfi: 28). 

Mengapa ditekankan dzikir pagi & petang? Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Gunakanlah waktu pagi dan waktu sore, serta sebagian waktu malam untuk beribadah. (HR. Bukhari 39).”

Imam Ali al-Qori menjelaskan, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan dzikir setip pagi dan sore, dan dua waktu ini adalah waktu istirahat dan waktu orang lalai.

Di samping itu, dua waktu ini menjelang pergantian suasana hari, dari gelap ke terang atau terang ke gelap. Sehingga manusia butuh perlindungan untuk modal melintasi waktu malam atau waktu siang.