free hit counters
 

Tujuh Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

Eramuslim – WUDHU adalah perkara sunah. Wudhu bisa menjadi wajib ketika akan melaksanakan salat. Sedangkan, dalam hal yang lain, tidak mengapa jika kita tidak berwudhu. Meski begitu, berwudhu tetap menjadi perkara yang baik jika kita mampu mengamalkannya dalam setiap aktivitas. Salah satunya ketika hendak tidur.

Setiap manusia pasti membutuhkan istirahat. Tetapi, istirahat itu akan memberikan kesan yang berbeda, jika kita memulainya dengan berwudhu. Sebab, ada manfaat-manfaat tersendiri yang dapat kita peroleh dari berwudhu sebelum tidur. Apakah itu?

Pertama, bebas dari kuman jahat. Kuman jahat mampu tumbuh dan berkembang dimana saja. Bahkan di setiap gagang pintu Anda, di atas sprei, maupun di tempat nonton televisi Anda. Oleh sebab itu, Anda di haruskan untuk selalu dalam keadaan bersih. Apalagi ketika tidur. Dan salah satu solusinya adalah dengan wudhu sebelum tidur. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa wudhu mampu mengurangi kuman-kuman yang hidup dalam tubuh Anda.

Kedua, membantu menjaga kesehatan wajah. Jika pakar kecantikan menghimbau para wanita untuk mencuci muka sebelum tidur, maka Rasulullah menganjurkan untuk berwudhu sebelum tidur. Kedua sisi ini sebenarnya memiliki essensi sama, yakni membersihkan anggota badan bagian atas.

Ketiga, semakin mendekatkan diri pada Illahi. Berwudhu merupakan salah satu bentuk ibadah tinggi. Sebab dengan wudhu kita senantiasa menjaga kebersihan diri. Sedangkan Allah menyayangi dan menyukai kebersihan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru