free hit counters
 

Inilah 7 Ayat Al-Qur’an Sebagai Doa Saat Cemas Melanda

Eramuslim.com – Rasa cemas , pasti pernah menghinggapi setiap manusia. Rasa ini akan memengaruhi bisa berupa fisik atau ilusi.Bila berlebihan bahkan akan mengacaukan pikiran . Untuk itu, ada bacaan zikir dan doa saat cemas agar kita kembali sadar dan dapat secara singkat menghilangkan perasaan tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ayat-ayat dalam Al Qur’an yang dapat menjadi zikir dan doa kala cemas melanda. Ayat-ayat tersebut diturunkan Allah untuk menolong para nabi, namun berlaku pula untuk kaum mukminin, sebagai hambaNya yang beriman. Di antaranya:

1. Allah menurunkan air dari langit setelah manusia putus asa karena dahsyatnya paceklik dan kekeringan.

وَهُوَ ٱلَّذِي يُنَزِّلُ ٱلۡغَيۡثَ مِنۢ بَعۡدِ مَا قَنَطُواْ وَيَنشُرُ رَحۡمَتَهُۥۚ وَهُوَ ٱلۡوَلِيُّ ٱلۡحَمِيدُ

“Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Maha Pelindung, Maha Terpuji.” (QS.Asy-Syura:28).

2.Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim AS setelah beliau dilemparkan ke tengah api yang menyala-nyala

قُلۡنَا يَٰنَارُ كُونِي بَرۡدٗا وَسَلَٰمًا عَلَىٰٓ إِبۡرَٰهِيمَ



Kami (Allah) berfirman, “Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!” (QS.Al-Anbiya’:69).

3. Allah mengangkat kesusahan Nabi Ayyub AS ketika beliau memohon

۞وَأَيُّوبَ إِذۡ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّي مَسَّنِيَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرۡحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ – فَٱسۡتَجَبۡنَا لَهُۥ فَكَشَفۡنَا مَا بِهِۦ مِن ضُرّٖۖ وَءَاتَيۡنَٰهُ أَهۡلَهُۥ وَمِثۡلَهُم مَّعَهُمۡ رَحۡمَةٗ مِّنۡ عِندِنَا وَذِكۡرَىٰ لِلۡعَٰبِدِينَ

Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang. Maka Kami kabulkan (doa)nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami.” (QS.Al-Anbiya’:83-84).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru