free hit counters
 

Jangan Mundur, Ini Keutamaan Shaf Pertama Ketika Sholat Berjamaah

Eramuslim.com – Keutamaan shaf pertama dalam sholat berjamaah sungguh luar biasa. Seseorang yang mendapatkannya sangat beruntung karena mendapat pahala dan fadhillah seperti yang disabdakan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Nabi memerintahkan umatnya untuk menjaga sholat berjamaah lima waktu karena sholat berjamaah itu melebihi sholat sendiri sebanyak dua puluh tujuh kali.

Terdapat keutamaan tersendiri bagi orang yang berada di barisan pertama dalam sholat berjamaah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

لَوْ تَعْلَمُونَ أَوْ يَعْلَمُونَ مَـا فِي الصَّفِّ الْمُقَدَّمِ لَكَانَتْ قُرْعَةً

“Seandainya orang-orang itu mengetahui apa yang terdapat pada seruan adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak mendapatkan jalan, kecuali harus melakukan undian, niscaya mereka akan melakukannya.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Al-Habib Ahmad bin Novel bin Jindan (Pengasuh Al-Hawthah Al-Jindaniyah) menukil kalam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad, jika engkau sholat di belakang imam, maka ikutilah dengan baik. Sesungguhnya dijadikannya seorang imam adalah untuk diikuti. Hindarilah menyamainya dalam sebagian dari gerakannya, apalagi engkau mendahuluinya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru