free hit counters
 

Jangan Ucapkan Salam Pada Orang Ini…

Eramuslim.com – Islam menganjurkan sunnah salam dengan mengucapkan ‘Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh’. Dalam kalimat itu terdapat pahala dan doa yang amat mulia dari seorang muslim kepada sudaranya. Doa agar senantiasa diberikan keselamatan, kasih sayang, dan berkah dari Allah Ta’ala di setiap jenak kehidupan.

Maka, kalimat salam menduduki peringkat yang tinggi dalam Islam. Bahkan, Islam secara jelas dan terperinci mengatur ihwal salam ini dengan sangat baik.

Mereka yang mengucapkan salam berhak atas predikat sunnah; dilakukan mendapatkan pahala, ditinggalkan tidak menimbulkan dosa. Sedangkan mereka yang diberikan berkah salam, wajib untuk menjawabnya. Maka, baginya pahala saat sampaikan jawaban, dan dosa ketika enggan membuka lisan untuk menjawabnya.

Menjawab salam juga ada aturannya. Misalnya, jawaban harus setara dengan salam yang disampaikan atau lebih baik lagi. Maka ketika seorang saudara muslim mengucapkan ‘Assalamu’alaikum’, kita memiliki opsi jawaban serupa ‘Wa’alaikumussalam’, atau yang lebih baik ‘Wa’alaikumussalam wa rahmatullah’, atau yang lebih baik lagi ‘Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh’.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru