free hit counters
 

Kenapa Tak Bisa Tahajud? Jawaban Imam Ghazali Ini Patut Direnungkan

Eramuslim.com – Banyak orang yang tidak bisa sholat tahajud. Jangankan tahajud, bangun malam saja berat. Tidak sedikit yang kemudian mencari sebabnya, kenapa tak bisa tahajud.

Beragam jawaban dikemukakan. Ada yang menganggap dirinya tak bisa tahajud lantaran tidurnya terlalu malam. Maka ia pun berupaya untuk tidak begadang. Tidur lebih awal. Tapi kok tetap nggak bisa tahajud?

Ada yang menganggap dirinya terlalu capek. Kelelahan. Maka ia pun mengurangi aktifitas yang menguras tenaga. Berupaya tidak mengerjakan hal-hal yang butuh energi besar. Tapi kok tetap nggak bisa bangun malam?

Ada pula yang beranggapan, mungkin karena tidak tidur siang. Maka ia pun menyempatkan tidur siang. Bahkan sampai satu jam. Tapi kok tetap nggak bisa tahajud di tengah atau akhir malam?

Jika demikian halnya, simaklah jawaban Imam Ghazali ini. “Apabila engkau tidak kuat untuk melakukan sholat tahajud di malam hari dan puasa di siang hari, ketahuilah bahwa engkau sedang terbelenggu oleh kesalahan-kesalahan dan dosa-dosamu.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru